Perbankan

Tahun 2017, Bank Danamon Catatkan Laba Bersih Rp 3.7 Triliun

Laporan Kinerja Tahunan Bank Danamon (foto : Robi Ardianto / MONITOR)

MONITOR, Jakarta - PT. Bank Danamon Tbk membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 3,7 triliun pada tahun 2017, naik dari tahun sebelumnya yaitu tumbuh sebanyak 38%.

Sng Seow Wah, Direktur Utama Bank Danamon mengatakan Bank Danamon terus membukukan laba seiring dengan meningkatnya momentum dari inisiatif strategis jangka panjang kami.

"Pertumbuhan laba yang berkelanjutan ini adalah hasil dari upaya kami dalam melakukan diversifikasi sumber pendapatan, memperkuat layanan nasabah, serta penerapan solusi

Dia juga menjelaskan pertumbuhan laba bersih tersebut didorong biaya dana yang lebih rendah dan pengelolaan biaya operasional yang disiplin dan juga pertumbuhan laba bersih juga didorong kualitas aset yang lebih baik.

Apalagi, portofolio kredit Bank Danamon terus bergeser menuju segmen non-mass market. Sehingga, Bank Danamon membukukan pertumbuhan pada segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Enterprise dan Consumer
Mortgage.

Selain itu, kredit pada segmen UKM tumbuh 10% menjadi Rp 28,5 triliun. Portofolio Enterprise, terdiri dari perbankan korporasi, komersial dan institusi keuangan, tumbuh 4% menjadi Rp 37,6 triliun.

Sementara itu, kredit Consumer Mortgage tumbuh 36% menjadi Rp 6,0 triliun.

Sedangkan, total portofolio kredit dan trade finance diluar pernankan mikro turut mengalami pertumbuhan yaitu 5% menjadi Rp 122,9 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. Adira Finance juga turut tumbuh sebesar 5% untuk toda dua, dan 6% untuk roda empat, sehingga total pembiayaan Adira Finance mencapai 45,2 triliun atau tumbuh sekitar 2persen dibandingkan tahun lalu.

(jml)

Terpopuler