Hukum

Ditangkap KPK, Berikut Harta Kekayaan Bupati Ngada NTT

Bupati Ngada Provinsi NTT ditangkap KPK atas ggaan kasus korupsi

MONITOR, Jakarta - Tertangkapnya Bupati Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menambah daftar sejumlah kepala daerah yang terlibat kasus korupsi. Kabarnya, tersangka berinisial MS sudah lama menjadi incaran KPK sejak 2015 silam.

Dari informasi yang diterima MONITOR, Bupati Ngada ditangkap di sekitaran Pancoran, Jakarta Selatan pada Minggu (11/2) kemarin.

"Memang ada kegiatan tim di lapangan. Ada kepala daerah dari NTT yang diamankan sedang berada ke KPK,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan.

Perlu diketahui, berdasarkan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), MS terungkap memiliki kekayaan sebesar Rp 33.776.400.000 miliar. Jumlah ini merupakan akumulasi seluruh harta benda yang dilaporkan NSW pada 10 Juli 2015.

Sedangkan pada 8 Maret 2010, MS memiliki harta sebesar Rp 11.238.040.000. Dari laporan LHKPN terbarunya ini, harta MS meningkat sebesar Rp 22 miliar lebih, terhitung dalam kurun waktu 5 tahun.

Dari data tersebut, dia memiliki harta tidak bergerak dan bangunan sebesar Rp 5,3 miliar yang teridir dari tanah kosong dan bangunan rumah.

Sementara untuk harta bergerak, MS memiliki lima Unit. Ada motor merk Honda, Mitsubisi, Ford, hingga Toyota Fortuner, merk Mitsubisi Colt dan suzuki senilai Rp 935 juta.

Bahkan, dia juga memiliki dua buah lahan perternakan, satu buah lahan perkebunan dana dua buah lahan perhutanan senilai Rp 15,6 miliar lebih.

Sementara untuk harta lainnya surat berharga senilai Rp 10,5 miliar. Untuk harta lain seperti giro sebesar Rp 60 juta. Namun, Nyono memiliki piutang sebesar Rp 1,2 miliar.

(tsar)