Bisnis

Telkom DILo Resmi Beroperasi di Padang

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (baju putih) didampingi Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun, saat mencoba fasilitas DILo di Padang, Kamis (8/2).

MONITOR, Jakarta - Fasilitas Digital Innovation Lounge (DILo) yang dibesut Telkom resmi beroperasi bagi para startup asal Minangkabau di Padang. Peresmian DILo Padang dilakukan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara didampingi Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun, Kamis (8/2).

"Dunia digital adalah sesuatu yang baru yang tidak bisa dihindari. Penguasa dunia digital saat ini adalah konten, karena itu pertumbuhan ekonomi paling cepat di Indonesia saat ini tak bisa dilepaskan dari dunia digital konten. Pemerintah saat ini fokus kepada konten yang menciptakan ekonomi digital. Bagaimana digital ini mengubah tatanan sosial di masyarakat," kata Rudiantara, sebagaimana pantauan MONITOR dalam siaran pers Kemenkominfo.

Rudiantara memberikan apresiasi atas penyediaan Digital Innovation Lounge (DILo) di Kantor Telkom Kota Padang. Pasalnya, ruang terbuka yang gratis untuk publik ini menurutnya dapat dimanfaatkan generasi muda untuk mengembangkan inovasi digital.

“Berikan ruang gratis di sini. Biarkan anak-anak muda ini menuangkan inovasinya, menuangkan pikirannya untuk membuat aplikasi. Siapa tahu nanti akan ada Gojek versi Padang, Traveloka versi Padang, dari DILo ini,” cetusnya.

Selain membuka ruang gratis kepada generasi muda yang sedang berkembang, fasilitas DILo akan menciptakan nilai tambah bagi Telkom Grup dari segi finansial.

“Pada akhirnya nanti juga akan memberi dampak positif bagi Telkom grup. Digital konten ini akan jalan kalau ada infrastruktur. Makanya pasti akan ada penambahan pendapatan dari sini,” tutupnya.

Lebih lanjut, Rudiantara mengajak generasi muda dapat memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk menciptakan dunia kerja. Pendidikan yang dikaitkan dengan kemajuan teknologi informasi komunikasi serta digital akan mampu membuat anak muda berkreasi. Rudiantara beranggapan dengan memanfaatkan industri digital guna membangun wirausaha berarti ikut mendorong perekonomian secara individu maupun bangsa.

(tsar)