Perdagangan

Enggartiasto Targetkan Nilai Ekspor Naik 11 Persen

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat dijumpai di Kementerian Perdagangan

MONITOR, Jakarta - Di tahun 2018 ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menargetkan nilai ekspor naik menjadi 11% dari pencapaian tahun sebelumnya 5.6%.

Menurut Enggar, dirinya optimis bisa mencapai angka tersebut mengingat kondisi perekonomian Indonesia cukup membaik. Tidak lupa, kenaikan ini merupakan pesan Presiden yang mengatakan kunci mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah meningkatkan investasi dan ekspor.

"11% Realistis, itu tantangan yang harus kita capai dan bukan hanya sekedar angka yang tidak achievable,” ujar nya saat ditemui MONITOR di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta (7/2).

Untuk itu, Mendag akan melibatkan semua stakeholder dan para pengusaha mapan dalam meningkatkan ekspor Indonesia dan perdagangan internasional. Sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak terbebani. Enggar pun mengajak pengusahan mapan dengan ajakan, mari kita berbuat untuk ekonomi bangsa.

Sambung nya, tentu diperlukan strategi untuk mencapai ekspor 11% yang saat ini Mendag genjot diantaranya, menyelesaikan perjanjian dagang. Dirinya memastikan hasil manis dari kesepakatan baru terasa di tahun 2019. Disebabkan sejumlah proses pemberkasan arsip, sertifikasi dan lain lain yang cukup memakan waktu.

Kedua, Kemendag juga mendorong kebijakan barter antar negara, yang pihaknya akan meningkatkan kinerja Pusat Promosi Perdagangan Indonesia Indonesian Trade Promotion Center (ITPC). Ketiga, dengan pendekatan memperkuat bilateral relasi yang ada.

(tsar)