Rabu, 24 April, 2024

Penerapan Pendidikan Karakter ala Pemkot Ternate

MONITOR, Depok – Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadi salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai perwujudan amanat Nawa Cita. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Ternate, yang penerapan penguatan pendidikan karakter bagi siswa, antara lain melalui program penguatan pendidikan keagamaan.

Hari Haerudin, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Ternate, mengatakan, komitmen Pemerintah Kota Ternate dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya dilakukan program penguasaan baca dan tulis alquran untuk siswa yang beragama Islam, dan penguasaan kitab-kitab bagi siswa yang beragama lain.

“Saat ini kami menjalankan program penguatan pendidikan karakter melalui penguatan pendidikan keagamaan yaitu baca dan tulis alquran untuk siswa SD yang beragama muslim dan penguasaan kitab-kitab untuk yang non muslim,” ujar Hari di kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK)  2018, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (6/2).

Untuk memastikan peningkatan mutu pendidikan dapat terwujud, Pemerintah Kota Ternate juga melakukan  pengembangan kualitas guru dan kepala sekolah. Hal itu dilakukan dengan peningkatan kompetensi guru melalui kelompok-kelompok kerja yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) .

- Advertisement -

“Pemerintah Kota Ternate juga memberikan Bantuan Operasional Daerah (BOSDA) kepada sekolah-sekolah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan operasional sekolah dan sebagai stimulus bagi sekolah,” tambah Hari.

Perlu diketahui, pemberian BOSDA tersebut meningkat drastis dari tahun sebelumnya, yaitu Rp3.000 per siswa untuk jenjang SD dan Rp35.000 per siswa untuk jenjang SMP. Hari kembali menegaskan, komitmen Pemerintah Kota Ternate, yaitu pendidikan harus menjadi prioritas utama, karena kualitas sumber daya manusia akan menjadi fondasi bagi pembangunan di daerah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER