Sabtu, 20 April, 2024

Indonesia Komitmen Suarakan Perdamaian Dunia

MONITOR, Jakarta – Indonesia terus berkomitmen akan aktif menyuarakan proses perdamaian dunia, utamanya dalam penyelesaian konflik pengungsi Rohingya dan kemerdekaan Palestina. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Fahri menyatakan, parlemen Indonesia akan berupaya mendorong parlemen tiap negara untuk saling aktif dalam menyelesaikan permasalahan bangsa-bangsa yang selama ini tertindas.

"Kami mendorong parlemen tiap negara di kawasan berperan aktif dalam menyelesaikan masalah bangsa-bangsa yang tertindas. Misalnya masalah Palestina dan pengungsi Rohingya. Kami tak mengerti mengapa masalah ini tidak selesai di tangan diplomasi antar eksekutif atau pemerintah bangsa-bangsa terkait," ujar Fahri.

Sikap ini, dikatakan Fahri, dia sampaikan saat memimpin delegasi Parlemen Indonesia di Sidang Pleno Forum Parlemen Asia Pasifik dalam Plenary Meeting – Asia Pacific Parliamentary Forum, di Hanoi.

- Advertisement -

Tak hanya Indonesia, Parlemen Kanada juga sependapat agar bangsa-bangsa dunia bersatu untuk menyelesaikan berbagai masalah kemanusiaan internasional seperti konflik Rohingya, ataupun Palestina.

Selain itu, pertemuan yang digelar Jumat (19/1) kemarin membahas tentang permasalahan terorisme dan keamanan kawasan dalam plenary meeting APPF.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER